Thursday, March 3, 2016

Bisnis Sambilan, Hasil Juga Sambilan


Sebagian orang mungkin mengajak kita berbisnis "sambilan". Baik kita dalam kondisi bekerja atau memang sudah memiliki bisnis sebelumnya. Alasan yang sering diungkapkan terhadap bisnis sambilan ini adalah untuk mencari tambahan, mengisi waktu atau sekedar iseng. Lalu apakah memang bisnis bisa dikerjakan secara sambilan?

Tergantung Visinya

Adanya istilah bisnis sambilan memang mengisyaratkan adanya "penomorduaan" pada bisnis yang akan dijalani. Jika memang visinya tidak cukup besar, maka jangan berharap bahwa bisnis itu akan besar. Jangan pernah tertipu dengan mereka yang mengatakan bahwa bisnis mereka awalnya "iseng", lalu tiba-tiba booming. Itu ada beberapa kemungkinan, memang awalnya iseng, lalu ketika melihat potensinya, pebisnis itu berubah jadi serius. Bisa juga iseng dan "tidak sengaja" menemukan momentum hingga jadi besar, tetapi pondasinya lemah sehingga di masa depan bisa roboh. Atau memang awalnya iseng, tetapi dia terus belajar dan akhirny mengubah visinya menjadi sesuatu yang besar. Besaran bisnis kita pada akhirnya memang tergantung seberapa besar visi kita akan bisnis itu. Memang terdengar normatif, tetapi memang banyak orang sudah membuktikannya.

Sesuatu yang Besar Membutuhkan Proses yang Besar

Ketika kita memimpikan bisnis kita menjadi besar, maka itu hanya akan jadi mimpi jika kita tak mengiringi dengan proses yang besar pula. Ketika anda meniatkan "sambilan", sehingga anda juga memberikan waktu sisa, tenaga sisa dan pikiran sisa, maka wajarlah jika hasilnya nanti juga "sambilan" dalam arti tidak pernah maksimal.



Fokus Itu Penting

Dalam bisnis, fokus itu penting. Sebab dengan fokus itu, maka seluruh sumber daya anda akan tertuju pada satu hal saja. Hal ini membuat sesuatu yang difokuskan itu menjadi maksimal dan akan mungkin memberikan hasil yang besar. Ketika kita fokus pada satu bisnis, kita akan serius dan fokus mengerjakannya, mencari solusi atas masalahnya, berjibaku dengan prosesnya hingga akhirnya mendapatkan hasil sesuai dengan yang kita harapkan.

Hati-hati Kontra Produktif

Bisnis sambilan kadang menyisakan bahaya laten, yaitu kontra produktif. Maksud hati mendapatkan tambahan penghasilan, tetapi malah justru anda disibukkan dengan bisnis itu dan membuat bisnis utama anda atau pekerjaan anda terbengkalai. Akhirnya dua-duanya hancur bersamaan. Bisnis utama jadi menurun, bisnis sambilan juga anjlok. Sebaiknya ukur diri dulu sebelum melakukan bisnis sambilan. Hitung juga potensinya baik-baik, jangan sampai terjadi hasil sebaliknya.

Walau begitu, bisnis sambilan bukanlah sesuatu yang "haram" untuk dilakukan. Banyak juga yang akhirnya berhasil walau dengan banyak catatan. Sebelum anda melakukanya, sebaiknya pertimbangkan dulu beberapa catatan di atas.

No comments:

Post a Comment

Jasa Cetak / Percetakan Profesional Melayani Seluruh Indonesia

Kami adalah jasa cetak / percetakan profesional. Kami sudah berpengalaman dalam jasa pencetakan sejak tahun 2005. Dengan sistem layan online, kami bisa melayani pencetakan berbagai produk dari seluruh kota di Indonesia baik di Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya bahkan kota-kota di luar pulau Jawa.

Beberapa produk cetak / percetakan yang bisa kami kerjakan di antaranya, brosur, company profile, buku, banner, katalog produk, kartu nama, kop surat, amplop hingga poster.