Monday, February 8, 2016

Tips Berbisnis Sambil Bekerja

Memiliki bisnis adalah impian sebagian orang. Namun seringkali, masih terasa berat untuk meninggalkan pekerjaan yang sedang dijalani. Ada banyak faktor yang sering kali membuat seseorang merasa berat untuk resign dan full berbisnis, misalnya gaji dan posisi yang sudah bagus, masih takut dengan resiko bisnis, hingga persetujuan orang-orang terdekat.
Namun semua penghalang tersebut jangan sampai membuat cita-cita anda membangun bisnis sendiri menjadi tertutup. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda jalankan agar anda bisa membangun bisnis sambil bekerja.

Jadi Investor

Menjadi investor adalah sebuah pilihan yang realistis ketika anda ingin memiliki bisnis. Bisa jadi anda memiliki cukup modal untuk berbisnis, namun tidak memiliki waktu untuk menjalankan bisnis. Menjadi investor ini bisa dengan bermitra dengan orang lain atau anda menerima tawaran-tawaran investasi yang diajukan pengusaha lain kepada anda. Catatannya, sebaiknya perhatikan dengan baik tawaran investasi tersebut, mulai dari latar belakang, marketing strategy, cash flow, profit & loss, exit strategy, dll.

Miliki Orang Kepercayaan

Keterbatasan utama dalam membangun bisnis saat menjadi karyawan adalah waktu. Anda masih harus bekerja selama weekdays, bahkan kadang harus lembur. Untuk itu, sebaiknya anda memiliki mitra dalam menjalankan bisnis. Anda berperan sebagai komisaris yang bertugas untuk mengawasi jalannya perusahaan dan memastikan semua tujuan dan target terpenuhi. Mitra anda berperan sebagai direksi yang menjalankan perusahaan secara langsung.


Hire Karyawan

Agar bisnis bisa lancar berjalan sementara anda bekerja, miliki karyawan adalah sebuah keharusan. Anda tidak bisa mengerjakan banyak hal teknis sendiri seperti menerima order, membuat penawaran, melakukan pengiriman, membeli bahan baku dan banyak hal teknis lainnya. Catatannya adalah, anda harus memiliki sistem kontrol karyawan yang cukup kuat serta budaya perusahaan yang baik karena anda tidak bisa berada bersama karyawan setiap saat.

Membangun Sistem Kontrol dan Komunikasi yang Kuat

Sistem kontrol yang kuat harus ada agar bisnis anda tidak hancur. Sistem ini harus diterapkan agar walaupun anda tidak berada ditempat, semua proses bisnis tetap berjalan dengan baik. Selain itu anda harus memiliki sistem komunikasi yang kuat dengan karyawan yang membuat anda bisa melakukan pengontrolan tersebut. Jangan sampai jika sebuah masalah terjadi, anda sampai tidak tahu dan kemudian masalah itu berkembang menjadi jauh lebih besar lagi.

Agendakan Cuti Berkala

Selama setahun, hak cuti kantor harus anda gunakan untuk berada di tempat usaha anda. Anda perlu juga merasakan secara langsung sesekali bagaimana bisnis anda berjalan. Anda harus turun ke lapangan untuk memahami masalah riil yang terjadi di lapangan. Dengan begitu maka anda bisa memberikan keputusan-keputusan yang tepat dalam bisnis.


No comments:

Post a Comment

Jasa Cetak / Percetakan Profesional Melayani Seluruh Indonesia

Kami adalah jasa cetak / percetakan profesional. Kami sudah berpengalaman dalam jasa pencetakan sejak tahun 2005. Dengan sistem layan online, kami bisa melayani pencetakan berbagai produk dari seluruh kota di Indonesia baik di Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya bahkan kota-kota di luar pulau Jawa.

Beberapa produk cetak / percetakan yang bisa kami kerjakan di antaranya, brosur, company profile, buku, banner, katalog produk, kartu nama, kop surat, amplop hingga poster.