Saturday, February 6, 2016

5 Motivasi Salah Keluar dari Tempat Kerja untuk Berbisnis

Sebagian orang begitu semangatnya untuk memutuskan resign dari kantor dan membangun bisnis sendiri. Namun pada kenyataannya, sebagian besar dari mereka tidak memiliki motivasi yang benar dalam melakukan hal itu. Sebagai akibatnya, bukannya mimpi yang menjadi kenyataan, malah masalah yang datang silih berganti dan membuat semua impian menjadi semakin jauh dari harapan.

Sebabnya sederhana, sebab motivasi yang salah tadi akan menstimulus cara berpikir mereka sehingga melakukan tindakan-tindakan salah atau minimal kurang tepat. Berikut ini 5 motivasi yang salah keluar dari tempat kerja untuk berbisnis:

Tidak Ada Lagi Atasan dan Ingin Jadi Bos Secara Instan

Jangan sampai anda ingin berbisnis karena bosan menjadi bawahan. Anda tidak suka diperintah oleh seseorang lalu anda bermimpi untuk membangun bisnis sendiri. Anda beranggapan bahwa dengan membangun bisnis anda bisa cepat jadi “bos”. Anda akan punya bawahan dan bisa “perintah sana perintah sini”. Ini adalah motivasi yang salah, sebab, bukan itu esensi dalam membangun bisnis. Lagi pula jika anda ingin sukses dalam bisnis, anda tetap harus menghargai karyawan anda bukan menganggapnya kacung anda. Pengusaha yang sukses akan menjadikan karyawannya sebagai mitra menuju sukses.


Ingin Cepat Kaya

Sebagian orang begitu tergiur dengan bisnis karena keuntungan besar yang bisa didapatkannya dalam waktu singkat. Bisa jadi ia mengamati para vendor yang melayani kantor tempatnya bekerja. Lalu mulai menghitung margin dari suatu produk. Lalu jika margin itu dikali sekian produk dan dikali sekian hari, maka akan jadi keuntungan yang besar.

Sebaiknya anda tidak menggunakan motivasi ini. Sebab bisnis butuh proses. Dan sebagian proses itu bisa sangat panjang. Apa yang anda lihat dari vendor anda di kantor hanya cuplikan kecil dari perjuangan panjangnya. Anda mungkin tidak pernah tahu jatuh bangunnya, masalah-masalah yang dihadapinya hingga bagaimana dia menjaga konsistensi motivasi dalam berbisnis.




Ingin “Bebas”

Hal ini juga sering kali menjadi alasan seseorang untuk keluar kerja dan membangun bisnis sendiri. Mereka sudah bosan “dikungkung” dengan aturan-aturan kantor. Mereka juga ingin bebas dari sisi jam kerja, mereka ingin liburan kapan pun. Sebaiknya anda tidak menggunakan ini sebagai motivasi. Sebab pebisnis yang benar akan selalu bekerja keras dan disiplin. Pebisnis yang benar justru harus memiliki tingkat kedisiplinan di atas rata-rata. Sebab mereka harus bertanggung jawab atas bisnis mereka sendiri. Tidak ada lagi atasan, supervisor, manager atau apa pun yang mengawasi pencapaian targetnya. Semua tergantung pada karakter dirinya sendiri.



Lebih Santai

Jangan keluar dari tempat kerja dan membangun bisnis hanya karena ingin hidup lebih santai, mengerjakan sesuatu sesukanya, tidak ada target, tidak ada pengawas, dsb. Tidak ada kamus bagi pengusaha yang benar untuk selalu santai-santai. Proses membangun usaha membutuhkan semangat dan etos kerja yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari saat anda menjadi “karyawan biasa”. Nasib perusahaan ada di tangan anda sendiri, bukan orang lain. Kalau anda lihat seorang pengusaha yang bisa bersantai-santai, maka itu hanya puncak gunung es. Bisa jadi ia menghabiskan waktu lebih banyak untuk bekerja keras daripada yang anda ketahui.



Tidak Harus Berangkat ke Kantor

Lalu lintas kota yang selalu macet sering membuat jenuh. Kewajiban datang ke kantor membuat kita merasa berbisnis sendiri lebih “enak”. Kita bisa bekerja dari rumah, tidak perlu kantor, tidak perlu berdesakan di kendaraan umum, tidak perlu lelah karena perjalanan, dsb. Bisa jadi memang hal itu benar, namun jangan jadikan itu alasan terbesar. Sebab anda harus yakin bahwa semakin besar usaha anda, justru anda harus memiliki kantor “juga” suatu saat. Dan bisa jadi suatu saat anda juga harus memiliki kantor di tempat yang cukup strategis, sehingga toh anda juga harus melakukan perjalanan lagi.



Membangun bisnis adalah sebuah cita-cita yang baik. Namun cita-cita yang baik tersebut jangan sampai dihasilkan dari motivasi yang salah. Sebab motivasi yang salah akan membuat hasil tidak sebagus yang kita harapkan


No comments:

Post a Comment

Jasa Cetak / Percetakan Profesional Melayani Seluruh Indonesia

Kami adalah jasa cetak / percetakan profesional. Kami sudah berpengalaman dalam jasa pencetakan sejak tahun 2005. Dengan sistem layan online, kami bisa melayani pencetakan berbagai produk dari seluruh kota di Indonesia baik di Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya bahkan kota-kota di luar pulau Jawa.

Beberapa produk cetak / percetakan yang bisa kami kerjakan di antaranya, brosur, company profile, buku, banner, katalog produk, kartu nama, kop surat, amplop hingga poster.